Selasa, 23 November 2010

Metode Load – Unload Untuk Menentukan Jumlah Kebocoran Dalam Kompresor ATLAS COPCO TYPE ZR 5 – 52

Kompresor ATLAS COPCO TYPE ZR 5 – 52 yang terdapat di bagian utility, menggunakan sistem pengendali load – unload. Ada satu metode yang saya usulkan guna mengetahui / menentukan jumlah kebocoran dalam system kompresor tersebut. Metode ini meliputi penyalaan kompresor pada saat tidak ada kebutuhan pada sistem ( seluruh peralatan penggunaan akhir yang dioperasikan dengan udara dimatikan).
Kompresor akan menyala pada saat load, kemudian akan mati pada saat unload. Kompresor akan load atau unload karena adanya kebocoran udara yang akan menyebabkan terjadinya siklus menyala dan mati pada kompresor, karena kompresor akan menyala / load ketika tekanannya turun, karena lolosnya udara melalui kebocoran.
Kebocoran total (%) dapat dihitung dengan rumus berikut :
t1/(t1+t2)x 100
Kebocoran (%) :
Dimana,
t1 : Waktu Load ( detik )
t2 : Waktu Unload ( detik )
Kebocoran akan dinyatakan dalam bentuk persentase (%). Jumlah kebocoran … > 10 % dari kapasitas udaranya, dikategorikan sistem terawat dengan baik. Jika kebocoran 10 % < 19 % dari kapasitas udaranya, dapat dikategorikan sistem terawat dengan baik. Jika kebocoran mencapai 20 % < …. Dari kapasitas udaranya, maka dikategorikan sistem perawatannya buruk.
Prosedur
1. Uji kebocoran dilakukan bila keseluruhan pabrik dimatikan.
2. Kompresor dinyalakan untuk mengisi jaringan sistem dengan udara tekan.
3. Unit kompresor akan unload pada saat tekanan sistem mencapai titik pengaturan ( set point ).
4. Jika tidak ada kebocoran pada sistem, kompresor ini akan tetap unload.
5. Tapi, jika ada kebocoran sistem, tekanan sistem secara berangsur – angsur mulai turun mencapai titik pengaturan bawah, dimana kompresor akan load lagi dan mulai menghasilkan tekanan.
6. Waktu load dan unload diukur dengan menggunakan stopwatch dan diulang sebanyak 5 – 6 x dan kemudian dirata – ratakan.
7. Jumlah kebocoran yang didapat, dapat dievaluasi bersama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar